Selasa, 26 Agustus 2008

Bersepeda diBantaeng

Bantaeng adalah salah satu daerah di Sulsel yang mempunyai pantai, daratan, dan pegunungan ... bagi kami komunitas Sepedaku diBantaeng adalah merupakan surga karena disamping berolah raga kami juga dapat menikmati udara yang masih segar dan pemandangan yang luar bisa.

Bantaeng dilihat dari atas bukit .....

Melihat bukit dan gunung dari Bantaeng

Hanya diBantaeng ... bersepeda dipantai dg pemandangan laut dan gunung

Pantai di pusat kota Bantaeng


Pohon di kiri dan kanan jalan dikota Bantaeng .... Bantaeng Go Green.

GO BONTO-BONTO, BATE BALA, KADANGKUNYI, BANYORANG



Ini adalah rute yang cukup jauh yaitu Bantaeng-Banyorang PP sekitar 44 km, dengan jalan aspal Antar Kapung (Tarkam) .... dari Bantaeng ke Banyorang jalan cenderung menanjak ringan tetapi panjang (sepanjang 22 km) ... sedangkan kembalinya ke Bantaeng tinggal meluncur dg sesekali ngowes.


Tanjakan selepas jembatan diKadangkunyidi Jatiah Selepas kadangkunyi (sekitar 4 km sebelum Banyorang)

GO KAMPUNG BERU - SASAYA
Rute ini termasuk rute anatar favorit dan tidak faforit, kalau lagi semangat semangatnya menjadi rute favorit ... tapi kalau suasana hati sedang normal (biasa-biasa saja) maka menjadi rute yang dihindari. Rute ini menyajikan tanjakan yang cukup terjal dan panjang disamping itu terkesan sepi dan mistis, dikatakan mistis karena ada cerita bahwa sering orang melihat ular besar menyeberang dan ada orang besar hitam yang tidak jelas rimbanya lewat .... disamping itu juga ada cerita bahwa banyak ada pelari yang jatuh pingsan karena kecapaian.

Ditambah lagi tempo hari anggota Sepedaku diBantaeng (Om Rustam - siBaba Bolong) pingsan waktu sampai diujung tanjakan ..... pas malam hari, anehnya waktu siuman diberi minum tapi masih menunjukkan tanda-tanda KO ... tapi waktu diceritakan ada ular besar .... eh langsung berdiri, ambil sepeda, mancal sepeda dg sekuat tenaga ... dan lemes lagi setelah sampai di pemukiman.

Terlihat pemandangan ke arah barat-utara pegunungan yang indah dan ke arah selatan terlihat kota Bantaeng dengan pantainya yang indah.

Sesampainya di pertengahan tanjakan ada sebuah rumah panggung khas Bantaeng. Kita bisa numpang istirahat sambil menunggu teman yang tertinggal dibelakang ...

GO PANTAI
Suasana pantai yang relax sangat memanjakan kami para penghobi sepeda, baik disore hari maupun di malam hari

Suatu Sore di Pantai Lamalaka (depan Stadion - Kantor DPRD) Sejenak melepas lelah setelah Ngowes PP Bantaeng-Tanetea bersama komunitas on road Bantaeng (terdiri dari pengusaha2 Bantaeng)

Cafe Daeng Beta .... salah satu tempat mangkal Sepedaku diBantaeng sehabis NR. Warung Daeng Beta terletak di pantai di pusat kota Bantaeng. Dilokasi ini banyak Cafe disepanjang pantai.

GO BATU EJA
Ini adalah rute ke arah barat dari kota Bantaeng, menyusuri jalan poros Bantaeng-Jeneponto. Setelah menempuh jalam poros sekitar 10 km sampailah di perbatasan Jeneponto dan kemudian belok ke kanan (utara) terus mendaki ke arah Campagaloe .... dipersimpangan jalan persis dibawah BATU EJA atau Batu Merah (Batu Eja ini diyakini sama dg Batu Merah "Ayers Rock" di Uluru - Australia) belok kanan lagi .... mulai disini jalannya naik cukup tinggi dan turunannya cukup terjal dan berbelok-belok, disini kami lebih takut dengan turunan karena sebagian dari kami masih memakai V-brake.

Rute ini seluruhnya adalah jalan aspal, hanya saja melalui perkampungan ("tarkam" - antar kampung) sehingga tetap menyajikan pemandangan dan suasana pedesaan disamping juga udara yang bersih.

Tampak dari kejauhan "Ayers Rock" nya bantaeng

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Menarik bisa melihat perkembangan hoby bersepeda di wilayah Sulsel. Kami di Bali senang bisa berkenalan dengan rekan2 di Makasar. Jika ada kesempatan piknik ke Bali, bisa dicoba juga rute2 di Bali. Untuk jelasnya silahkan lihat di Blog kami : http://poldabalicyclingclub.bolgspot.com Saya juga minta ijin alamat blog ini kami jadikan firndly link di blog kami. untuk kontak email silahkan kirim ke balidewe@yahoo.co.id

Trims

Endra Datta mengatakan...

weh kayak pak agung rajin menulis blog sekarang ya.. hehehehe. Ayo lebih semangat lagi dan lebih lucu.. karena kita sudah capek berkeringat gowes, kita perlu baca yang bikin segar pikiran hahahaha.

anggota sepedakudibantaeng seru2 juga ya. Berarti para 'biker' boleh dikatakan punya sifat yang sama ya, suka ketawa. LOL.

btw, nanti kalau collosus sudah dirakit langsung dipajang di halaman utama ya.....

Yuk gowes lagi kalau sedang di Bali.

ED

Kresna Agung mengatakan...

Pak Admin .... Senang juga bisa berkenalan dengan teman2 di Bali ... kemarin pas 17Agustus saya mencoba rute Ubud bersama dg Bli ED cs. Rutenya sangat menantang.

Bli ED ... Collosus sudah dirakit dan sudah dicoba dipekarangan rumah. Nanti pasti ada photo collosusnya di Blog ...

Unknown mengatakan...

Kalo boleh bisa ndak Info Lomba menulis Blog "All about Bantaeng" ikut nongol di blog bapak.

Salam

Iy@zh